The 4th SEANES International Conference on Human Factors and Ergonomics in South-East Asia

saenes

Teknik Industri UNPAR dan Teknik Industri ITB berkolaborasi untuk pertama kalinya secara sinergis bersama dengan Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) menyelenggarakan “The 4th SEANES International Conference on Human Factors and Ergonomics in South-East Asia” yang berlangsung dari tanggal 28 November hingga 1 Desember 2016 bertempat di Crowne Plaza Bandung. Seminar internasional yang mengusung tema “Green Ergonomics: Sustainability, Productivity and Well-Being” ini dihadiri oleh sekitar 140 peserta dari berbagai industri dan universitas di Indonesia dan juga luar negeri yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Hong Kong, India, Jepang, Cina, Taiwan, Estonia, Australia dan USA.

Selama 4 hari berturut-turut, SEANES 2016 Conference mengadakan berbagai kegiatan interaktif seperti keynote session, parallel paper presentation session, industry talk, panel discussion serta workshop yang bertujuan memberikan wadah bagi para akademisi dan profesional untuk saling bertukar state-of-the-art­ knowledge dan pengalaman di bidang ergonomi. SEANES 2016 menghadirkan 6 keynote speaker yang merupakan pakar di bidangnya antara lain: Prof. Alan Hedge dari Cornell University (USA), Prof. Gitte Lindgaard dari Swinburne University of Technology (Australia), Prof. David Caple dari David Caple & Associates (Australia), Prof. Ravindra Goonetilleke dari Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong), Dr. Halimahtun M Khalid dari Damai Sciences (Malaysia) dan Dr. Hardianto Iridiastadi dari Institut Teknologi Bandung (Indonesia). Selain itu, SEANES 2016 Conference mendapat kehormatan dihadiri oleh Presiden International Ergonomics Association (IEA) yaitu Dr. Yushi Fujita, CPE, CPE-J, yang memberikan pemaparan mengenai arah dan strategi perkembangan ergonomi pada tingkat internasional di era mendatang.

Dalam seminar internasional ini, dipresentasikan 77 buah makalah penelitian di berbagai bidang ergonomi yang telah direview dan diseleksi International Board of Reviewers dari 102 buah makalah yang masuk. Dari 77 makalah tersebut, diseleksi kembali 23 buah makalah terbaik (best paper) untuk dipublikasikan di jurnal terindeks Scopus yaitu International Journal of Technology (IJTech).

Dr. Johanna Hariandja (Dosen Teknik Industri UNPAR), selaku Conference Chair SEANES 2016, mengungkapkan rasa gembiranya melihat SEANES 2016 telah berlangsung dengan sukses dan lancar berkat kolaborasi yang sinergis dan efektif antara UNPAR dan ITB. Melalui acara ini, diharapkan terjadi diseminasi pengetahuan yang berguna dan terjalin kerjasama (networking) yang konkrit ke depannya antara para akademisi dan profesional di bidang ergonomi baik di Indonesia maupun di negara-negara Asia Tenggara (South-East Asia) lainnya.

X