Seminar Nasional dan Workshop: PPS-MTI 2015

SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP PPS-MTI 2015

PERAN INOVASI DALAM PERBAIKAN SISTEM INDUSTRI

(7-8 Desember 2015)

Perubahan ekosistem dalam dunia usaha menyebabkan banyaknya perubahan dalam komponen-komponen sistem dalam industri. Perubahan ini menyebabkan banyak perubahan, termasuk: perubahan pola permintaan pasar, perubahan hubungan antar rantai dalam sistem rantai pasok industri, perubahan produk, perubahan proses bisnis, perubahan organisasi dan berbagai perubahan lain. Perubahan ini menantang dunia industri dan akademisi untuk mampu beradaptasi dan terus memperbaiki sistem pengelolaan dan pengoperasian usahanya

Selain itu, perubahan ini menyebabkan semakin pentingnya sebuah industri untuk mampu memetakan dan memodelkan sistem industrinya dengan baik, mengevaluasi dan memperbaiki strateginya untuk mampu bersaing dan memiliki keunggulan yang unik. Proses perbaikan sistem industri ini merupakan hal yang penting untuk selalu dilakukan, baik oleh pelaku industri itu sendiri, para akademisi maupun pembuat kebijakan. Arah dan bentuk pemetaan yang baik adalah pemetaan yang komprehensif, holistik atau sistemik dan sistematis.

Inovasi merupakan salah satu kunci untuk sebuah usaha mampu memperbaiki sistemnnya. Inovasi, dengan definisinya adalah perkenalan akan ide dan sesuatu yang baru (dalam terjemahan bebas dari Merriam-Webster Dictionary); menurut Keeley (2013) adalah sebuah proses yang lebih dari sekedar berpusat dan berpikir pada tingkat produk dan merupakan sebuah tindakan yang menekankan perbaikan yang berfokus pada nilai-nilai keberlanjutan baik untuk sistem maupun usaha tersebut. Inovasi banyak dipercaya sebagai kunci untuk perbaikan dalam sistem di dunia industri, agar sistem tersebut tetap menekankan keunggulannya dan bertahan dalam setiap perubahan yang terjadi.

Hal-hal diatas melatarbelakangi Program Studi Magister Teknik Industri untuk kembali mengadakan kegiatan Seminar Nasional dan Workshop Pemodelan dan Perancangan Sistem (PPS-MTI) pada tanggal 7-8 Desember 2015. Seminar ini diselenggarakan sebagai ajang diseminasi ilmiah dalam pemetaan dan perancangan sistem industri yang mendukung kebutuhan di atas.

PEMBICARA KUNCI:

Gede Raka, PhD. (ahli inovasi, dan Guru Besar Inovasi dari Institut Teknologi Bandung)

Peran kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi dalam kesuksesan inovasi dan perbaikan kinerja organisasi

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pola kepemimpinan dan budaya organisasi mempengaruhi penerapan inovasi dalam sebuah usaha. Pada materi ini, akan diberikan gambaran mengenai bagaimana dan sejauh mana pola kepemimpinan dan budaya organisasi memberikan perannya pada inovasi.

Hariyadi Kaimuddin (Direktur Utama PT Hadji Kalla – Kalla Automotive)

Penerapan kepemimpinan transformasional dan perubahan budaya organisasi yang inovatif dalam peningkatan kinerja sistem industri

Berdasarkan pengalaman praktis, materi akan difokuskan pada penerapan kepemimpunan transformasional dan pengembangan budaya organisasi yang inovatif untuk memperbaiki sistem.

 CALL FOR PAPER:

Seminar ini diadakan dengan mengundang akademisi, praktisi, pemerintah untuk mengirimkan makalah dan mempresentasikannya dalam forum ilmiah, yang menekankan INOVASI dalam perbaikan di berbagai sistem:

  • Sistem Produksi: Sistem Pengendalian Produksi, Sistem Logistik Penanganan Material, Sistem Persediaan, Lean Manufacturing System, Supply Chain, dan topik-topik lain di bidang sistem produksi.
  • Sistem Produk dan Jasa: Perancangan Produk, Perancangan Jasa, Sistem Produk dan Jasa, dan topik-topik lain di bidang perancangan produk dan jasa.
  • Sistem Perbaikan dan Pengendalian Mutu: Sistem Pengendalian Mutu, Six Sigma,Sistem Audit Mutu, Perbaikan Mutu, Keandalan Sistem, dan topik-topik lain di bidang mutu.
  • Sistem Informasi: Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Enterprise, E-business, Sistem Basis Data, dan topik-topik lain di bidang sistem informasi.
  • Sistem Organisasi: Pemodelan proses bisnis – Struktur organisasi – Pengelolaan kinerja bisnis, dan topik-topik lain di bidang organisasi.

Dan berbagai topik lain dalam sistem industri yang tidak terbatas pada ruang lingkup di atas.

TEMPAT PELAKSANAAN

HARRIS Hotel & Conventions Ciumbuleuit , Jalan Ciumbuleuit No. 50-58, Bandung, 40141

TANGGAL PENTING

  • Penerimaan abstrak (extended abstract) : 9 November 2015
  • Pemberitahuan penerimaan abstrak : 22 November 2015
  • Pemberitahuan penerimaan : 17 November 2015 25 November 2015
  • Penerimaan makalah lengkap : 30 November 2015
  • Batas akhir registrasi pemakalah : 4 Desember 2015

Template full paper: Template Full Paper PPS MTI 2015

Note: Extended Abstract dapat diupload di https://easychair.org/conferences/?conf=ppsmti2015

BIAYA REGISTRASI SEMINAR NASIONAL:

Pemakalah Umum Rp550.000,00
Pemakalah Mahasiswa Rp350.000,00
Biaya Makalah tambahan Rp100.000,00
Biaya Prosiding Rp150.000,00

(termasuk coffee break, makan siang, sertifikat)

REGISTRASI

Loading…

KONTAK/SEKRETARIAT:

Magister Teknik Industri
Sekolah Pascasarjana
Universitas Katolik Parahyangan
Paulina K Ariningsih
Email: pps.mti@unpar.ac.id
Telepon: 0856 471 303 79
Fax: 022 2032700
Alamat: Jl Merdeka 30 Bandung 40141

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada flyer berikut:
Semnas Sistem 2015 FLYER A

X