Kurikulum

Kurikulum 2013 disusun berdasarkan kesesuaian kompetensi lulusan (kompetensi utama, pendukung dan lainnya) dengan elemen kompetensi menurut Kepmendiknas No.045/U/2002, yaitu:

  1. landasan kepribadian
  2. penguasaan ilmu dan keterampilan
  3. kemampuan berkarya
  4. sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai,
  5. pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

Yang selanjutnya dikelompokkan ke dalam jenis mata kuliah:

  1. Kelompok matakuliah pengembangan kepribadian (MPK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  2. Kelompok matakuliah keilmuan dan ketrampilan (MKK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan ketrampilan tertentu.
  3. Kelompok matakuliah keahlian berkarya (MKB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
  4. Kelompok matakuliah perilaku berkarya (MPB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
  5. Kelompok matakuliah berkehidupan bermasyarakat (MBB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

Selain itu, kurikulum INTI disusun mengacu pada panduan BKSTI (Badan Kerja Sama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia) dengan beban studi mahasiswa Program Studi Teknik Industri di Fakultas Teknologi Industri Unpar adalah 144 sks, dan dikategorikan dalam 9 jenis mata kuliah:

  1. Pengetahuan Umum
  2. Ilmu Sosial dan Manajemen
  3. Sains
  4. Sains Rekayasa
  5. Matematika dan Statistika
  6. Sains Rekayasa Industri
  7. Desain Rekayasa Industri
  8. Mata Kuliah Wajib Unpar
  9. Mata Kuliah Pilihan

Buku Kurikulum Berbasis Kompetensi Teknik Industri UNPAR dapat diunduh pada link berikut: BUKU KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI TI UNPAR 2013

Diagram Mata kuliah Prasyarat dapat dilihat pada gambar berikut: