Indonesian Quality Convention 2016

Universitas Katolik Parahyangan berkesempatan mengambil bagian dalam penyelenggaraan Indonesian Quality Convention (IQC) 2016. IQC merupakan sebuah acara rutin yang diselenggarakan oleh Persatuan Manajemen Mutu Indonesia (PMMI). Pada tahun 2016, IQC diadakan di Bandung pada tanggal 29 November  hingga 2 Desember  dimana UNPAR menjadi mitra penyelenggaranya.

Acara ini adalah acara yang diselenggarakan dengan tujuan berbagi pengalaman dan ilmu di bidang manajemen dan praktek-praktek penjaminan dan perbaikan mutu dari para perserta yang mengikutinya. Tema yang diangkat dalam IQC 2016 adalah “Embraced the Green into Quality Culture”, dengan menghadirkan 2 pembicara kunci yaitu Mangadar Situmorang, Ph.D. (Rektor Universitas Katolik Parahyangan) dan Supratik Mukherji, B.E. (The Tata Power Industry Co. Ltd, India) dengan 2 moderator Dr. Carles Sitompul (Kepala Program Studi Sarjana, Teknik Industri UNPAR) dan Y.M. Kinley Aritonang, Ph.D. (Kepala Program Studi Magister Teknik Industri UNPAR).

Acara ini diikuti oleh lebih dari 20 institusi/perusahaan di Indonesia, antara lain : PT Semen Tonasa, PT Indomas Susemi Jaya, PERUM PERURI, PT Krakatau Bandar Samudera, PT Bank Central Asia, PT Toyota Motor  Manufacturing Indonesia, RSUD Blambangan, PT Indofood, dan banyak lagi. Perusahaan/Institusi tersebut mengirimkan beberapa timnya mengikuti acara ini untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka mengenai praktek-praktek penjaminan dan perbaikan mutu yang diterapkan di perusahaan/institusinya.

Terdapat berbagai klasifikasi forum diskusi dan presentasi yang diselenggarakan, antara lain forum Perbaikan melalui Sistem Saran, Inovasi, pengaplikasian metode PDCA Tulta, dan Gugus Mutu. Materi yang dipresentasikan/dibagikan oleh setiap tim akan dinilai oleh para asesor yang berpengalaman di bidangnya untuk kemudian memperoleh kesempatan mendapatkan penghargaan dari PMMI.

Dalam acara ini, Bapak Y.M. Kinley Aritonang mendapat kesempatan untuk menjadi pembicara dalam forum Quality Leadership bersama 2 pembicara lainnya, yaitu Luqman Utama (Departement DH CEVD, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia), dan Heru Darmawan (QA System & Admin Head, PT Arghakarya Prima Industri). Dalam forum ini, Bapak Y.M. Kinley Aritonang mendapatkan penghargaan SUDOMO QUALITY LEADERSHIP AWARD dari PMMI mewakili tim Teknik Industri UNPAR dalam perannya membangun program pendidikan konsentrasi Manajemen dan Rekayasa Mutu di Magister Teknik Industri UNPAR.

iqc-3

 

Inilah salah satu pembuktian semakin diakuinya peran dan sumbangsih UNPAR, khususnya Program Studi Teknik Industri, dalam lembaga-lembaga pendidikan/sertifikasi/profesi yang ada di masyarakat.

X