International Statistics Competition for Engineering Students

Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) telah sukses menyelenggarakan The 2nd International Statistics Competition for Engineering Students (ISCE) pada tanggal 8 s.d. 10 November 2016 setelah sukses menyelenggarakan The 1 st ISCE pada tahun 2014. ISCE resmi dibuka oleh Rektor UNPAR, Mangadar Situmorang, Ph.D. pada tanggal 8 November 2016 di aula Pascasarjana UNPAR, Jl. Merdeka No. 30, Bandung. Kompetisi diikuti oleh 26 tim dari 19 Universitas yang berasal dari dalam negeri dan Filipina. Kedua puluh enam tim tersebut adalah:

1            Universitas Kristen Petra (Petravengers)
2            Universitas Indonesia (Arcadia)
3            Universitas Surabaya (UBAYA 1)
4            Universitas Brawijaya (HFS)
5            Universitas Trunojoyo Madura (IE-UTM)
6            Universitas Sumatera Utara (USU2)
7            Telkom University (Mystics)
8            Universitas Katolik Parahyangan (Uni Corn)
9            Institut Teknologi Nasional (ITENAS 2)
10           Universitas Pelita Harapan (UPH)
11           Institut Teknologi Nasional (ITENAS 1)
12           Universitas Sumatera Utara (USU1)
13           Universitas Brawijaya (Mirakuru)
14           Institut Teknologi Harapan Bangsa (Harapan Bangsa Poisson)
15           University of Philippines Diliman (UP Diliman)
16           Universitas Islam Indonesia (Datmin Crew)
17           Universitas Indonesia (UI 2)
18           Universitas Trisakti (Trisakti)
19           Universitas Kristen Petra (The Odyssey)
20           Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (OSI&K)
21           Universitas Islam Bandung (Unisba)
22           Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS ACTIVE)
23           Universitas Katolik Parahyangan (Uni Potato)
24           Universitas Kristen Maranatha (Edmiyos)
25           Telkom University (ANOFA)
26           Universitas Mercu Buana (Statisticam)

ISCE dilaksanakan dalam 3 babak, yaitu penyisihan, semifinal dan final. Babak penyisihan diselenggarakan pada tanggal 8 s.d. 9 November 2016 dan dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi essay, pilihan berganda dan betting. Setelah mengikuti 2 sesi babak penyisihan pada hari pertama, para peserta dan panitia mengikuti gala dinner di Saung Angklung Udjo. Peserta dan panitia disuguhkan penampilan yang sangat menarik dari murid-murid Saung Angklung Udjo. Setelah disuguhkan penampilan yang sangat menarik, ketua panitia ISCE, Cynthia Prithadevi Juwono, Ir., M.S., mengumumkan 20 tim dengan poin tertinggi pada 2 sesi pertama pada babak penyisihan. Hari pertama ditutup dengan makan bersama di Saung Angklung Udjo.

Hari kedua ISCE dimulai dengan babak penyisihan sesi ketiga, yaitu betting. Pada babak ini, peserta mempertaruhkan poinnya untuk memperoleh poin setinggi-tingginya. Setelah babak penyisihan selesai dilaksanakan, 20 tim berhak lolos ke babak semifinal, yaitu babak cerdas cermat. Babak semifinal dibagi menjadi 5 sesi dan setiap sesi diikuti oleh 4 tim. 1 tim dengan poin tertinggi pada setiap sesi berhak lolos ke babak Final. 5 tim yang lolos ke babak final adalah The Odyssey (Universitas Kristen Petra), UP Diliman (University of Philippines Diliman), Uni Corn (Universitas Katolik Parahyangan), Uni Potato (Universitas Katolik Parahyangan), dan UBAYA 1 (Universitas Surabaya).

Babak final dilaksanakan pada tanggal 10 November 2016 dan dimulai pada pukul 08:00 WIB. Pada babak ini, peserta diberikan sebuah kasus dan harus menyelesaikan kasus tersebut dalam waktu 180 menit. Setelah peserta menyelesaikan kasus yang diberikan, kompetisi dilanjutkan dengan sesi presentasi dengan 4 orang juri, yaitu Dr. Carles Sitompul, S.T., M.T., M.I.M. (Kepala Program Studi Teknik Industri UNPAR), Catharina Badra Nawangpalupi, Ph.D. (keynote speaker Indonesian Statistical Analysis Conference), Wiyono Sutari, Ir., M.T. (Dosen Telkom University), dan R. Hari Adianto, Drs., M.T. (Dosen Institut Teknologi Nasional). Setelah setiap tim mempresentasikan penyelesaikan kasus yang diberikan, diperoleh 3 tim dengan poin tertinggi yang berhak menjadi Juara, 1st runner up dan 2nd runner up The 2nd ISCE. Juara The 2nd ISCE adalah UP Diliman (poin total: 1485) dari University of Philippines Diliman, sedangkan 1st and 2nd runner up diperoleh oleh Uni Potato (poin total: 1343) dan Uni Corn (poin total: 1317,5) dari Universitas Katolik Parahyangan. Juara 1, 1st runner up dan 2nd runner up secara berturut-turut berhak atas hadiah berupa US$2000, US$1200 dan US$750. Congratulations!

2016-11-15-isce

 

-Hanky-

X