Teknik Industri UNPAR Juara 2 dalam Kompetisi Z-IDEAS

Z-Ideas adalah perlombaan yang diadakan oleh Asuransi Astra. Pada kompetisi ini mahasiswa ditantang untuk menjadi marketing consultant bagi Asuransi Astra, penyedia jasa asuransi yang terpercaya dan ternama di Indonesia. Tugas utama dari setiap peserta adalah membuat strategi brand activation melalui analisis yang komprehensif untuk memperkuat corporate image Asuransi Astra yaitu innovative, dynamic, and SEXY (Service Excellence for You) kepada kalangan muda terutama mahasiswa.

Perlombaan ini diadakan dalam 2 tahap yaitu tahap regional dan tahap nasional. Pada tahap pertama, perlombaan dibagi ke dalam 3 area (region) yaitu area Jakarta untuk peserta dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Sumatera, area Yogyakarta untuk peserta dari DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta area Surabaya untuk peserta dari Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur lainnya.. Pada tahap regional akan dilakukan seleksi proposal. Enam tim dengan proposal terbaik akan diminta untuk melakukan presentasi di depan para juri. Juara satu dari setiap area akan diberi dana sebesar 10 juta Rupiah untuk mengimplementasikan program yang diusulkan dan hasil implementasi akan dibandingkan dengan juara-juara dari area lainya.

Pada kesempatan kali ini, Program Studi Teknik Industri UNPAR mengirimkan perwakilan 1 tim mahasiswa untuk mengikuti kompetisi. Proposal strategi brand activation disusun oleh tim UNPAR yang terdiri dari Mikmayocha Virgan (2013610026), Felix Arya Gunadi (2013610030), dan Valentin Archie Gyasmara (2013610184) di bawah bimbingan Bapak Romy Loice, S.T., M.T. Tim melakukan analisis yang komprehensif dan proyeksi ‘Positioning-Differentiation-Brand’ Asuransi Astra sebagai korporasi, mengusulkan strategi brand activation sesuai tujuan klien, serta merancang marketing communication road map dan budget yang dibutuhkan. Tim Teknik Industri UNPAR terpilih menjadi 6 besar tim regional Jakarta bersama dengan tim dari Universitas Tarumanegara, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Universitas Islam Bandung. Keenam tim ini memaparkan strategi dan program yang diusulkan di hadapan para juri pada 3 Mei 2016 di FX Sudirman Jakarta.z-idea1

 

Usulan strategi brand activation yang diusung oleh tim UNPAR dinamakan Z-EXY ‘Service for Excellence is the New Sexy’. Setelah melakukan studi terhadap sasaran konsumen, tim UNPAR mengusulkan penggunaan Game Online dalam strategi brand activation yang diusung. Game ini akan dipopulerkan di kalangan mahasiswa dan menantang mahasiswa untuk menyelesaikan kasus dan melakukan aksi nyata dengan adanya hadiah bagi pemain yang memperoleh poin tertinggi. Dengan strategi dan program yang diusulkan ini, tim UNPAR berhasil menduduki peringkat kedua di region Jakarta.