Teknik Industri UNPAR Juara 2 Kompetisi Rekayasa Kualitas Tingkat Nasional III

Kompetisi Rekayasa Kualitas Tingkat Nasional III (KRKTN III) yang berlangsung pada tanggal 11 November 2015 sampai dengan 13 November 2015 di Universitas Trisakti. KRKTN III diikuti oleh 24 tim yang berasal dari 14 universitas, baik dari pulau Jawa maupun luar pulau Jawa. Program Studi Teknik Industri UNPAR diwakili oleh satu tim yang beranggotakan 3 orang, yaitu Aditya Prakoso (2013610139), Priska Pricilia (2013610142), dan Christin Natalia Bintoro (2013610085). Tim ini dibimbing oleh dosen pembimbing, yaitu Hanky Fransiscus, S.T., M.T. dan Alfian, S.T., M.T.

Kompetisi ini terdiri dari 3 babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan terbagi menjadi dua bagian. Bagian yang pertama bersifat pilihan ganda dengan tipe soal konsep dan perhitungan. Sementara bagian kedua merupakan soal uji kemampuan pemahaman studi kasus serta proses perhitungan dan interpretasi output perangkat lunak statistika. Babak semifinal merupakan soal dengan metode cerdas cermat. Babak final merupakan studi kasus menggunakan Minitab atau Excel.

Kompetisi hari pertama diawali dengan sambutan dari ketua panitia, sambutan dari Dekan FTI Universitas Trisakti, serta sambutan dan pembukaan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Acara dilanjutkan dengan foto bersama dan seminar yang diberikan oleh Prof. Dr. Ir. Dradjad Irianto (Institut Teknologi Bandung) dengan judul “Peran Rekayasa Kualitas & Standardisasi di Dunia Industri Menyongsong MEA”. Setelah seminar berakhir, babak penyisihan 1 dimulai. Babak ini terdiri dari 110 nomor dengan waktu 2 jam. Acara dilanjutkan dengan ISHOMA lalu sharing yang dibawakan oleh Kiwa Corporate.

Hari kedua dimulai dengan penjelasan mengenai lomba lalu dilanjutkan dengan babak penyisihan 2 yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dengan waktu 2 jam. Pada babak penyisihan, tim UNPAR berada pada peringkat ke-4 dan berhak lolos ke babak semifinal yang diikuti oleh 20 tim. 20 tim yang lolos ke babak semifinal dibagi ke dalam 5 kelompok secara acak. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 tim. Tim UNPAR masuk ke dalam kelompok 5 bersama dengan 3 tim lainnya dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Trisakti, dan Universitas Indonesia. Setelah melewati 50 pertanyaan cerdas cermat, tim UNPAR berhasil lolos menuju ke babak final.

Hari ketiga diawali dengan penjelasan babak final yang dilanjutkan dengan penyelesaian studi kasus yang diberikan. Penyelesaian studi kasus serta pembuatan slide untuk presentasi diberikan waktu selama 4 jam. Acara dilanjutkan dengan ISHOMA kemudian presentasi dari kelima tim. Presentasi kali ini dinilai oleh 3 orang juri. Setelah selesai presentasi dari kelima tim, dilanjutkan pengumuman pemenang oleh dewan juri dan tim UNPAR berhasil memperoleh Juara kedua.IMG_2677