TEKNIK INDUSTRI UNPAR MEMBERIKAN PELATIHAN PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL BAGI MASYARAKAT SEKITAR

Teknologi merupakan alat yang dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Sangat disayangkan apabila teknologi yang dimiliki tidak digunakan dengan sebaik mungkin. Penggunaan teknologi tentunya mendukung program kerja pemerintah, yaitu melayani masyarakat dengan tepat dan cepat. Oleh karena itu pegawai negeri sipil perlu memiliki kemampuan penggunaan teknologi agar mampu membantu pekerjaannya sehari-hari. Salah satu penggunaan teknologi dalam pekerjaan pegawai negeri sipil saat ini adalah komputer. Komputer terdiri dari beberapa aplikasi. Salah satu aplikasi yang umum digunakan dalam melakukan pengolahan data adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel dinilai dapat membantu perhitungan data yang banyak dengan tepat dan cepat. Oleh karena itu para pegawai dinilai perlu memiliki kemampuan menggunakan aplikasi tersebut.

Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan mengadakan pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Microsoft Excel bagi masyarakat sekitar pada hari Selasa, 23 Mei 2017 sampai dengan Rabu, 24 Mei 2017 di Laboratorium Komputasi I, Fakultas Teknologi Industri. Pelatihan ini diberikan kepada pegawai di beberapa kecamatan dan kelurahan di kota Bandung. Pelatihan ini diikuti oleh dua puluh orang yang berasal dari Kecamatan Bandung Kulon, Kelurahan Caringin, Kelurahan Warung Muncang, Kelurahan Cijerah, Kelurahan Gempol Sari, Kelurahan CIbuntu, Kelurahan Hegarmanah, Kelurahan Ciumbuleuit, Kelurahan Ledeng, dan Kecamatan Cidadap. Pemateri pada pelatihan ini adalah Ignatius A. Sandy, S.Si., M.T. dan Hanky Fransiscus, S.T., M.T. yang merupakan dosen di Program Studi Teknik Industri UNPAR. Pemateri dibantu oleh empat orang fasilitator yang juga merupakan dosen Program Studi Teknik Industri UNPAR, yaitu Marihot Nainggolan, S.T., M.T., M.S., Paulina Kus Ariningsih, S.T., M.Sc., Alfian, S.T., M.T., dan Dr. Sugih Sudharma Tjandra, S.T., M.Si. Materi yang diberikan mulai dari penggunaan operasi hitung, fungsi hitung dan lookup, sampai dengan penyajian data dalam grafik.

Kegiatan ini disambut baik oleh para peserta. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan. Para peserta juga berharap pelatihan ini dilakukan secara berkelanjutan. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan peserta yang merupakan pegawai di kelurahan atau kecamatan masing-masing dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan lebih efisien dan efektif. Pelaksanaan kegiatan ini juga mengimplementasikan sesanti UNPAR, yaitu Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti yang berarti berdasarkan Ketuhanan, menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat. Dengan diadakan pelatihan ini semoga meningkatkan eksistensi UNPAR, khususnya Faktultas Teknologi Industri dan Program Studi Teknik Industri dalam pengabdian kepada masyarakat.

X