Fasilitas

Fasilitas Akademik

Kelas

Interaksi utama saat perkuliahan terjadi di ruang kelas. Untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa dapat mengalami pengalaman belajar yang baik di Teknik Industri Unpar, kami melengkapi setiap ruang kelas dengan fasilitas yang baik. Dalam setiap ruang kelas di Teknik Industri Unpar, terdapat:

  1. Kursi yang dilengkapi dengan meja untuk dapat menulis dengan nyaman.
  2. Papan tulis yang cukup besar dan jarak pandang yang optimal untuk dapat dilihat dengan jelas oleh seluruh mahasiswa.
  3. Proyektor  dan 1 set komputer untuk mendukung proses pembelajaran yang dilakukan oleh Dosen dan memfasilitasi mahasiswa jika terdapat tugas presentasi di ruang kelas.
  4. Air Conditioner (AC) untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa nyaman di ruang kelas.
  5. Perangkat Audio untuk memastikan mahasiswa mendengar penyampaian dari Dosen dengan jelas.

Laboratorium

Di Teknik Industri Unpar, mahasiswa tidak hanya belajar mengenai teori di kelas, melainkan mempraktikannya pada mata kuliah praktikum. Selain itu, mahasiswa juga melakukan penelitian bersama dengan Dosen agar dapat memahami dan mampu mengembangkan keilmuan Teknik Industri dengan baik. Untuk memfasilitas proses praktikum dan penelitian yang dilakukan, terdapat berbagai laboratorium yang tersedia di Teknik Industri UNPAR.

Terdapat beberapa laboratorium di Teknik Industri Unpar, yaitu:

Laboratorium Proses Produksi

Laboratorium Otomasi Sistem Produksi

Laboratorium Sistem Produksi

Laboratorium Perancangan Sistem Teknik Industri

Laboratorium Statistika Industri

Laboratorium Komputer

Studio Gambar Teknik

Beasiswa

Universitas Katolik Parahyangan menyediakan berbagai jenis beasiswa bagi calon mahasiswa maupun mahasiswa. Beberapa beasiswa yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut:

  1. Beasiswa Yayasan UNPAR bagi Calon Mahasiswa Baru.
  2. Beasiswa Yayasan UNPAR bagi mahasiswa Program D3 dan S1.
  3. Beasiswa Yayasan UNPAR bagi mahasiswa peraih Prestasi Ko dan Ekstra Kurikular.
  4. Beasiswa Yayasan UNPAR bagi Anak Pegawai UNPAR.
  5. Beasiswa Yayasan Astra Honda Motor.
  6. Beasiswa Yayasan Djarum Foundation
  7. Beasiswa Yayasan Pembangunan Jaya

Info lebih lanjut dapat mengakses http://unpar.ac.id/beasiswa/

Perpustakaan

Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan terletak di lantai 2 dan 3, Gedung 9, Kampus Ciumbuleuit. Selain itu, koleksi pustaka juga tersedia di Laboratorium Hukum, Gedung 2, Kampus Ciumbuleuit; Perpustakaan Pascasarjana, Jl. Merdeka 30;  Perpustakaan Filsafat, Jl. Nias 2; dan Perpustakaan Diploma, Jl. Aceh 53, Bandung. Berita dan informasi-informasi dari Perpustakaan sangat perlu diketahui oleh seluruh Sivitas Akademika Unpar, misalnya Lokasi Perpustakaan, Keanggotaan, Ketentuan cara Pinjam dan Sanksi, Etika dan Tata Tertib, Jam Buka Layanan Perpustakaan, Fasiltas yang tersedia, Tambahan Koleksi Baru setiap bulan berupa artikel, buku, karya dosen dan karya mahasiswa.

Web Perpustakaan juga menyediakan tautan (link) ke Pencarian Buku Onile, Koleksi Jurnal Online Unpar, Database Jurnal Online (Proquest, Emerald, EBSCO, Gale-Carnegie) dan ke beberapa alamat penyedia sumber informasi lain, seperti : e-Resources Perpustakaan Nasional RI, e-Resources DIKTI, APTIK Digital Library (ADL) , e-Journal DIKTI, Journal PDII-LIPI, Open-Access Journals, dll.

Internet, Windows 10, dan Office 365

Memasuki era digital, Teknik Industri Unpar memastikan bahwa setiap mahasiswa dapat mengakses pengetahuan dan informasi tanpa batas untuk mendukung akademik mahasiswa saat berada di lingkungan kampus. Untuk mendukung hal tersebut, kami menyediakan internet berkecepatan tinggi di seluruh area kampus Unpar yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa. Mahasiswa juga dapat menggunakan internet untuk lebih dari satu perangkat/device yang mereka miliki, sehingga tidak membatasi mereka dalam mengakses internet.

Untuk mendukung proses pembelajaran, Biro Teknologi Informasi Unpar mengadakan kegiatan install Windows 10 Edu dan Office 365 untuk seluruh mahasiswa Unpar. Dengan demikian, fasilitas ini akan membantu mahasiswa yang belum memiliki akses Windows dan Office yang terbaru.

Info lebih lanjut dapat mengakses http://bti.unpar.ac.id

Interactive Digital learning Environtment UNPAR (IDE UNPAR)

IDE UNPAR sesuai dengan namanya yaitu Interactive Digital learning Environment, adalah Learning Management System/LMS berbasis TIK untuk membantu terjadinya proses pembelajaran interaktif yang berpusat pada mahasiswa baik di dalam maupun di luar kelas.

Setiap matakuliah yang diselenggarakan di kelas tatap muka, secara otomatis disediakan oleh IDE UNPAR berupa kelas virtual lengkap dengan peserta yang dapat mengaksesnya. IDE UNPAR membantu dosen untuk merencanakan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Mahasiswa secara transparan dapat mengetahui tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran yang harus dilaksanakan satu semester penuh. Mahasiswa dapat mengakses sumber belajar atau informasi mengenai sumber belajar yang disiapkan oleh dosen, mahasiswa dapat berinteraksi dengan sesama mahasiswa dan dosen melalui fasilitas chatting/forum diskusi, mahasiswa dapat mengumpulkan tugas dalam format digital (text/gambar/video).

Fasilitas Penunjang

Pusat Pengembangan Karier

Pusat Pengembangan Karir (PPK) adalah lembaga yang bertujuan untuk mempersiapkan calon lulusan dengan membekali para mahasiswa dengan kegiatan-kegiatan yang memberikan pengetahuan aplikatif agar mereka siap menerima tantangan baru di dalam memasuki dunia kerja yang akan dihadapi setelah lulus kuliah, serta memfasilitasi lulusan Unpar untuk memperoleh pekerjaan ataupun yang ingin studi lanjut dengan bekerjasama dengan perusahaan/instansi/lembaga.

Pusat Pengembangan Karir (PPK) memiliki 3 bagian, yaitu :

  1. Bagian Bimbingan Karir yang memiliki kegiatan-kegiatan seperti Career Workshop, Seminar Karir/kuliah umum, Psikotes dan Konseling Karir, Campus Recruitment dan Unpar Career Expo.
  2. Bagian Pengembangan Bahasa Asing yang memiliki kegiatan-kegiatan seperti : Kursus dan tes Bahasa Inggris (Local Test Equivalent to TOEFL), English Conversation Class, Business English Class bagi karyawan dan Dosen Unpar, Kursus Bahasa Asing lainnya seperti Bahasa Mandarin, Jepang dan Jerman, Kursus Bahasa Indonesia bagi mahasiswa Asing serta seminar mengenai membuat CV dan Interview dalam Bahasa Inggris.
  3. Bagian Tax Center yang memberikan pelatihan brevet Pajak bagi mahasiswa dan karyawan.

Dalam kerjasamanya, PPK menjadi pintu masuk utama bagi pihak perusahaan/instansi/lembaga dari luar Unpar, bekerjasama dengan Fakultas apabila pihak perusahaan membutuhkan kerjasama dan rekrutmen lulusan program studi tertentu.  Selain kerjasama dengan perusahaan dalam negeri, PPK juga bekerjasama dengan perusahaan asing untuk penyaluran lulusan.

Info lebih lanjut dapat mengakses http://cdc.unpar.ac.id/

Parahyangan Reksa Raga (Pasaga)

Parahyangan reksa raga (Pasaga) merupakan sebuah kompleks untuk fasilitas untuk kegiatan olah raga, yang dikelola oleh Satuan Pelayanan Pendukung, Yayasan Unpar. Pasaga mempunyai fasilitas lapang sangat memadai untuk futsal, basket, volly ball dan tenis lapangan. Selain itu, jogging track juga tersedia seputaran kompleks Pasaga dan fasilitas wall climbing berstandar internasional. Pada minggu 27 September 2015, Federasi Panjat Tebing Indonesia Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kualifikasi cabang olahraga panjat tebing zona II untuk PON XIX 2016 di Kompleks Pasaga, Unpar.

Parahyangan Reksa Raga (Pasaga)
Jl. Lembah Cisitu VI, Bandung
Waktu Penggunaan lapangan: Senin – Minggu, Pk. 06.00 – 22.00 WIB Nomor Telepon Pasaga: 022 6181 2636 / 082217004512


Gedung Saung TI (Himpunan Mahasiswa)

Gedung Saung TI merupakan gedung yang berfungsi untuk tempat berkumpul bagi Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMPSTI). Selain untuk keperluan kegiatan himpunan, tempat ini juga berfungsi sebagai berkumpulnya mahasiswa untuk melepas penat dan melakukan berbagai aktivitas seperti berdiskusi, sharing, dan lain-lain.

Kantin

Unpar menyediakan fasilitas kantin agar memudahkan seluruh mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan akan makanan dan minuman di lingkungan kampus Unpar. Kantin yang tersedia sangat beragam mulai dari kantin yang berada di dalam gedung hingga kantin yang berada di sekitar lingkungan Unpar (diluar kampus).

Fasilitas Lainnya

Bank/ATM

Disamping sarana perkuliahan, Kampus Unpar dilengkapi pula dengan fasilitas berupa Bank di dalam kampus. Terdapat tiga bank yang membuka kantornya di kampus Unpar, yaitu BCA, BRI dan OCBC NISP. Kedua bank tersebut melayani mahasiswa Unpar maupun masyarakat mulai hari Senin s/d Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Layanan Automated Teller Machine (ATM) yang tersedia di Universitas Katolik Parahyangan adalah:

  1. Bank Permata
  2. OCBC NISP
  3. Bank BNI
  4. Bank BRI
  5. Bank Mandiri

Kantor Pos

Untuk melayani pengiriman barang, dokumen, pembayaran online, serta berbagai layanan pos lainnya,

Sebagai fasilitas penunjang, Kantor Pos Bandung Unpar membuka layanan setiap hari Senin s/d Jumat pukul 07.30 – 14.00, Sabtu pukul 07.30 – 12.00.

UNPAR Guest House

Unpar Guest House adalah tempat yang bersih, nyaman dan menyenangkan untuk beristirahat di Bandung. Berlokasi di Jl. Gunung agung Dalam No. 4, Bandung, Guest House ini bersuasana sejuk, tenang dan nyaman yang langsung terasa begitu memasukinya, dengan hamparan taman yang indah dan hijau dari semua kamar yang tersedia.

Berawal dari kebutuhan Universitas Katolik Parahyangan untuk menyediakan tempat tinggal bagi para dosen tamu, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, Unpar Guest House memiliki 6 bangunan berlantai 2 yang dikenal dengan tipe unit, hadir dengan menyediakan 2 kamar tidur, 1 ruang makan, 1 pantri, dan 1 ruang tamu. Unpar Guest House mempunyai total 21 kamar, mulai dari standar, deluxe dan town house. Ruang pertemuan juga tersedia bisa digunakan untuk kebutuhan rapat maupun acara sosial seperti arisan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Semua fasilitas dan keramahtamahan Unpar Guest House dapat dinikmati oleh para dosen, karyawan dan mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan dengan harga khusus yang menarik.

Unpar Guest House
Jl. Gunung Agung Dalam No. 4 Bandung 40142
Telp. / Fax. : 022 2032800 / 022 2038854