TIM TEKNIK INDUSTRI UNPAR BERHASIL MERAIH ANANG ZAINI GANI AWARD

Perancangan Tata Letak Fasilitas (PTLF) merupakah salah satu topik kajian dalam keilmuan Teknik Industri. Permasalahan tata letak fasilitas bisa menjadi sangat kompleks bergantung pada berapa banyak faktor/batasan yang dilibatkan dalam permasalahan. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam mencari solusi yang optimal dalam hal tata letak fasilitas antara lain luas lahan yang dimiliki, efisiensi rute transportasi, pengelompokkan fasilitas dengan penggunaan yang sama, dan faktor keamanan dalam penggunaan fasilitas. Pengaturan tata letak fasilitas yang buruk akan berdampak pada performansi kerja perusahaan/institusi yang buruk pula. Oleh sebab itu tata letak yang baik sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja suatu perusahaan. Pentingnya kajian perancangan tata letak fasilitas diyakini mendasari penyelenggaraan seminar, lokakarya, dan kompetisi di bidang ini oleh Universitas Trisakti.
Kompetisi yang diadakan oleh Universitas Trisakti berlangsung sejak tanggal 29 Maret 2017 hingga 5 Mei 2017 dan terdapat 2 tim Teknik Industri UNPAR yang ikut serta di dalamnya. Kompetisi ini terdiri dari 3 tahap yaitu studi kasus yang disampaikan secara online, kemudian tahap kedua adalah cerdas cermat, dan tahap ketiga adalah studi kasus yang dikerjakan selama 4 jam di Universitas Trisakti. Kompetisi ini diikuti oleh 23 tim yang berasal dari universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Pada tahap 1 studi kasus, tim UNPAR berhasil menduduki peringkat pertama dan sepuluh. Pada tahap 2, kedua tim UNPAR mampu meraih total skor yang baik sehingga menjadi 5 tim yang lolos ke babak final bersama ketiga tim lainnya yang berasal dari Universitas Kristen Maranatha, Universitas Trisakti, dan Universitas Islam Bandung. Pada tahap final, kelima tim mengerjakan studi kasus yang nantinya dipresentasikan kepada 5 orang juri dimana 2 orang juri di antaranya adalah Dr. Ir. Anas Ma’aruf dari Institut Teknologi Bandung dan Ir. DIdien Suhardini, M.Sc., Ph.D. dari Universitas Trisakti.
Berdasarkan hasil penjurian, akhirnya kedua tim Teknik Industri UNPAR berhasil menjadi 2 dari 3 tim terbaik dalam kompetisi ini. Kedua tim Teknik Industri UNPAR beranggotakan masing-masing 3 orang mahasiswa, yaitu Hans Junius (2013610008), Ida Bagus Deva Ardha Nareswara Santosa (2013610009), Ardianto Mahadi (2013610062), Adrian Hartanto Widjaja (2013610052), Ivan Reynaldi (2013610060) dan Fransiskus Arnold Raharja (2013610166). Kedua tim masing-masing meraih penghargaan Anang Zaini Gani Award Juara 1 dan 3. Anang Zaini Gani Award ini juga merupakan bentuk penghargaan kepada Prof. Dr. Ir. Anang Zaini Gani, MSIE atas kontribusi beliau terhadap perkembangan pembelajaran Perancangan Tata Letak Fasilitas di Indonesia. Keberhasilan tim UNPAR tidak lepas juga dari peran dosen pembimbing masing-masing tim yaitu Bapak Romy Loice, S.T., M.T. dan Ibu Yani Herawati, S.T., M.T..

 

X